Dalam negara hukum (rechstaat) negara mengakui dan melindungi hak asasi manusia setiap individu. Pengakuan negara terhadap hak individu ini tersirat di dalam persmaan kedudukan di hadapan hukum bagi semua orang. Di dalam negara hukum semua orang harus diperlakukan sama di hadapan hukum (equality before the law). Persamaan di hadapan hukum harus diimbangi juga dengan persamaan perlakuan (equaltreatment). Kalau seorang yang mampu mempunyai masalah hukum ia dapat menunjuk seorang atau lebih advokat untuk membela kepentingannya.
Sebaliknya seorang yang tergolong tidak mampu juga dapat meminta pembelaan dari seorang atau lebih advokat dan atau pembela umum sebagai pekerja di lembaga bantuan hukum (legal aid institute) untuk membela kepentingannya dalam suatu perkara hukum. Perolehan perlindungan dan perlakuan sama dalam hukum yang tidak boleh diabaikan haknya untuk memperoleh pembelaan dari seorang advokat atau pembela umum dengan tidak memperhatikan latar belakangnya , seperti latar belakang agama, keturunan, ras, etnis, keyakinan politik, strata ekonomi-sosio, warna kulit dan gender.
Berangkat dari pemikiran diatas maka terbentuklah satu wadah bantuan hukum yang dinamakan Lembaga Bantuan dan Konsultasi Hukum (LBKH) Unswagati. LBKH Unswagati merupakan salah satu Lembaga Bantuan Hukum di wilayah Kota Cirebon, yang berada dibawah naungan Perguruan Tinggi UNSWAGATI. Keberadaan Lembaga bantuan dan Konsultasi Hukum (LKBH) di tengah – tengah masyarakat wilayah 3 Cirebon, sudah sedemikian dirasakan kehadirannya, dan tetap eksis melakukan proses pengembangan – pengembangan diri baik secara internal maupun eksternal.
Secara eksternal LBKH Unswagati memiliki tekad yang kuat dalam melaksanakan TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI yang bertujuan pembangunan masyarakat (community development) menuju masyarakat yang kuat , madiri, dan sadar hukum. dan serta mendorong pembaharuan sistem bantuan hukum dan menjembatani antara Pemerintah, Elemen Catur Wangsa, masyarakat, dan perguruan Tinggi dalam menegakan nilai-nilai HAM dalam pengertian Luas dan Keadilan di dalam Hukum.