Sebagai wujud tanggungjawab akademik, Fakultas Hukum Unswagati mampu memenuhi capaian target akreditasi A dari BAN PT berdasarkan Keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan nomor : 2958/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018 pada tanggal 24 Oktober 2018. Hal ini tidak lepas dari SDM para pengajar yang kredibel dan juga dukungan penuh dari Rektorat dan Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati serta sivitas akademika di Fakultas Hukum. Asesor pada saat dilaksanakan visitasi akreditasi adalah Dr. Angkasa, SH., M.Hum dan Prof.Dr. Mella Ismelina FR, SH., M.Hum.

Dekan Fakultas Hukum, Prof. Dr. Ibnu Artadi, SH., MHum mengatakan akhirnya kerja keras FH Unswagati dalam persiapan untuk meraih Akreditasi A dari BAN PT dapat terwujud. Dimana, menurut beliau, perjuangan panjang akhirnya berbuah manis dan tidak sia-sia. Harapan dan target dari Rektor dan Ketua Yayasan bisa dipenuhi oleh Fakultas Hukum. Persiapan selama 1 tahun sebelum hari visitasi oleh asesor, usaha inventarisasi semua dokumen baik proses keberlangsungan Prodi dan Fakultas diinventarisir sebagai bentuk pertanggung jawaban adminitrasi akademik dan keilmuan serta dokumen pendukung lainnya.

“Semua aspek dari lembaga baik akademik, Sumber Daya Manusia, Sarana Prasarana, keuangan dan Kemahasiswaan serta sivitas dinilai oleh asesor sebagai standar baku dalam visitasi, baik dokumen maupun visitasi lapangan kami siapkan dengan sebaik mungkin. Dan, Alhamdulillah hasilnya juga baik dengan Akreditasi A,” ungkapnya.

Masih menurut Prof. Ibnu, cita dan target FH sebenarnya realistis, karena FH didukung oleh SDM terutama dosen yang berkompeten sesuai bidang keilmuan dan kepemimpinan yang terbuka, kekeluargaan dan mengedepankan kebersamaan. SDM Dosen yang dimiliki saat ini adalah terdiri dari satu Guru Besar, 12 Doktor yang berjabatan akademik Lektor Kepala, selebihnya berjabatan Lektor dan Asisten Ahli. Sehingga dalam sebuah Prodi, SDM tersebut sudah lebih dari cukup, inilah nilai plus dari Fakultas Hukum.

“Kami akui dalam visitasi masih ada yang belum maksimal baik sarana, prasarana perkuliahan, kemahasiswaan dan dukungan biaya riset serta pengabdian kepada masyarakat. Hal itu merupakan masukkan dan motivasi bagi lembaga agar bisa memenuhi dan meningkatkan kebutuhan tersebut,” paparnya.

Lebih lanjut, menurut Prof. Ibnu berharap, dengan Akreditasi A akan lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat dan calon mahasiswa baru untuk mendaftarkan diri ke Fakultas Hukum Unswagati. Hal tersebut berkaitan dengan telah diraihnya Akreditasi A yang berlaku terhitung sejak 24 Oktober 2018 sampai 24 Oktober 2023. Tentu yang lebih utama memastikan FH Unswagati tetap menjadi Fakultas Hukum terbaik di Wilayah III Cirebon bahkan di Jawa Barat.

“Kami dari Fakultas Hukum mengucapkan terima kasih kepada Ketua Yayasan dan Rektor atas dukungan penuh baik pendanaan, fasilitas dan morilnya.Kami yakin, Fakultas Hukum akan menjadi Fakultas pelopor dan pencetus perubahan yang lebih baik di Unswagati,” pungkasnya.

“ Atas dukungan doa dari semua pihak, termasuk masyarakat Cirebon kami yakin Fakultas Hukum Unswagati akan menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang. Bersama ini pula kami juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati, Rektor dan semua pihak di Unswagati atas diraihnya predikat Akreditasi A bagi kami di Fakultas Hukum,” ungkapnya.