Selasa 6 Februari 2018, ribuan Mahasiswa Unswagati yang memasuki semester ke VII dilepas oleh Rektor dihalaman Kampus setempat untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 5 minggu dimulai dari 6 Februari sampai dengan 14 Maret 2018.

Dalam laporannya Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Dr.Alfandi,Ir.,M.Si menyampaikan bahwa KKN ini diikuti oleh 1045 orang mahasiswa yang terdiri dari berbagai Fakultas yang ada di Unswagati, mereka akan disebar ke 5 Wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon yaitu Kecamatan Sedong, Pabedilan, Kaliwedi, Losari dan Waled serta disebar kembali menjadi 52 kelompok dengan menempati 52 desa di Wilayah tersebut. Dipilihnya Wilayah Kabupaten Cirebon karena Wilayah ini masih memerlukan perhatian khusus untuk meningkatkan Index Pembangunan manusia.

Ditempat yang sama Rektor Unswagati Dr.H.Mukarto Siswoyo, Drs.,M.Si dalam sambutannya berpesan kepada mahasiswa peserta KKN untuk menjaga diri dan almamater serta berkiprah dan membaur dengan masyarakat untuk membangun desa karena KKN adalah bentuk  Academic Social Responsibility  sivitas Dosen dan mahasiswa kepada  masyarakat, juga mereka dituntut untuk dapat menerapkan ilmu pengetahuan teoritik applying of knowledge and science secara nyata sehingga dapat memberi kontribusi  bagi pemecahan sebagian masalah yang ada di masyarakat. Mereka juga diharapkan dapat membuat hal yang monumental baik non fisik maupun fisik yang bermanfaat bagi penduduk setempat

Rektor pun berpesan kepada Para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang juga hadir dalam apel pelepasan, agar mereka dapat melaksanakan tugas dengan kesungguhan dan keseriusan sehingga dapat membimbing, membina dan mengarahkan dan melaksanakan kegiatan yang sudah terprogram di  KKN kepada desa dengan baik.

Ucapan  terima kasih juga disampaikan Rektor kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon yang telah bekerjasama  dengan baik selama ini khususnya dalam penyelenggaraan KKN, kedepan kerjasama ini dapat lebih ditingkatkan sesuai kebutuhan pemkab dan Unswagati.

Pelepasan KKN kali ini juga sedikit berbeda dari pelepasan tahun tahun ebelumnya dimana dalam setiap Tahun Akademik Unswagati menyelenggarakan 2 periode KKN, kali ini dengan metode apel pelepasan dan dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan Bapak Dadang Sukandar Kasidin beserta pengurus  yayasan dan para pimpinan Universitas dan Fakultas serta Pasca Sarjana dilingkungan Unswagati. KKN Unswagati sendiri  menjadi salah satu rujukan KKN bagi perguruan Tinggi di Jawa Barat, hal ini dibuktikan dengan ketika ada Perguruan Tinggi di Jawa Barat yang ingin melakukan KKN mereka disarankan oleh forum KKN Tematik Jawa Barat untuk melakukan study banding terlebih dahulu ke Unswagati.